7 Tips Memelihara Kucing untuk Pemula: Rutin Memandikan 2 Minggu Sekali dan Jangan Sampai Dehidrasi

Kucing merupakan hewan yang paling sering dijadikan peliharaan selain anjing. Selain tingkahnya yang lucu, kucing mudah akrab dengan manusia. Walaupun terlihat mudah, memiliki hewan peliharaan harus dipertimbangkan sebaik mungkin.

Karena, merawat hewan peliharaan butuh komitmen dan tanggung jawab yang besar. Tak hanya memberi makan dan tempat tinggal, kita juga harus rajin merawat serta memberi kasih sayang. Kamu juga wajib mengobati saat kucingmu jatuh sakit.

Sama halnya dengan manusia, kucing pun juga bisa mengalami masalah kesehatan. Untuk itu, sebaiknya lakukan medical check up pada kucing saat pertama kali kamu membeli atau mengadopsinya. Tujuan medical check up adalah untuk mengetahui kesehatan kucing secara menyeluruh, juga untuk mencegah penularan penyakit zoonosis.

Pilihlah nutrisi yang tepat sesuai kebutuhan kucingmu. Misalnya, anak kucing berusia kurang dari 4 bulan membutuhkan protein sebesar 34 persen, lemak 18 persen, dan karbohidrat 22,6 persen. Tidak seperti anjing, kucing sangat mengandalkan daging sebagai makanan pokok sehari harinya.

Ketika kucing diberi makanan kering terlalu banyak, maka ia pun mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat yang bisa berdampak buruk bagi kesehatannya. Kucing yang sering mengonsumsi makanan kering umumnya rentan mengembangkan diabetes tipe 2 dan obesitas. Oleh sebab itu, pastikan takaran makanan basah dan makanan keringnya seimbang.

Kucing domestik tidak memiliki dorongan haus yang sama seperti anjing. Mereka membutuhkan sebagian besar air dari makanan yang mereka konsumsi. Makanan kering rata rata hanya mengandung lima sampai sepuluh persen air.

Oleh sebab itu, berikan kucing makanan basah yang mengandung 70 persen air. Pastikan pula kucing mendapatkan akses ke air bersih setiap saat. Bila perlu perhatikan kucing kamu apakah sudah minum lebih banyak saat mereka makan lebih banyak makanan kering.

Kucing tua dan menyusui lebih rentan mengalami dehidrasi dibandingkan kucing lain. Jadi perhatikan dengan cermat gejala seperti mata cekung, lesu, dan terengah engah. Memandikan kucing dapat dilakukan maksimal dua minggu sekali.

Selain memandikan, pastikan kamu juga rutin memotong kuku kucing. Kuku kucing perlu dipotong dua minggu sekali agar kuku tidak terlalu panjang, tajam, patah, dan mudah robek. Pastikan juga kamu selalu menyikat gigi kucing.

Tujuannya untuk mencegah adanya plak atau karang gigi. Gunakan pasta gigi khusus untuk kucing. Terakhir yakni kebersihan mata dan telinga.

Bersihkan minimal dua minggu sekali. Kamu perlu melakukan vaksinasi pada kucing untuk menghindari penyakit yang disebabkan oleh virus. Jenis vaksinasi yang dibutuhkan untuk kucing yaitu vaksin feline panleukopenia virus (FPV), feline herpes virus type 1 (FHV 1), feline calicivirus (FCV), feline rhinotracheitis, Chlamydia, feline infectious peritonitis, dan rabies.

Selain vaksin, kucing juga perlu diberi obat cacing rutin yang dilakukan 2 3 kali dalam setahun. Kamu sebenarnya perlu menyediakan satu litter box untuk satu kucing ditambah satu kotak tambahan. Jadi jika kamu memiliki tiga kucing, kamu harus menyiapkan empat kotak.

Nah, pastikan pula penempatan litter box ini strategis ya! Biasanya kucing suka dengan tempat tempat yang alamiah, jadi kamu bisa mempertimbangkan untuk menaruhnya di luar atau di dekat taman. Terakhir, kucing betina bisa merasa sangat tidak nyaman saat birahi.

Mensterilkannya dapat membuatnya lebih tenang dan mencegahnya dihamili kucing lain terlalu sering. Pada kucing jantan, birahi bisa memicu perkelahian dengan kucing lain. Nah, perkelahian ini berisiko menularkan penyakit melalui gigitan dan cakarannya.

Oleh sebab itu, pertimbangkan untuk mengebiri kucing peliharaan kamu. Selain ketujuh cara di atas, kamu juga bisa menyediakan aksesoris dan mainan lucu untuk kucingmu lho. Mulai dari bola kerincing, tongkat bulu, hingga catnip bisa kamu dapatkan di Tokopedia.

Belanja makin mudah dan murah saat berlangsung. Selama promo berlangsung, ada spesial cashback hingga 100% dan diskon 90% Belanja cuma 10 ribu bebas free ongkir ke seluruh Indonesia.

Nikmati juga penampilan spesial dari Stray Kids dalam yang tayang 25 Oktober mendatang. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.