Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dan Gatal yang Efektif

Mempunyai rambut berketombe memang menyebalkan. Bagaimana tidak, selain rasa gatal ketombe yang terkadang jatuh pada pakaian membuat kita merasa malu dan tidak percaya diri.

Ketombe biasanya terjadi karena produksi minyak berlebih di kulit kepala, kurang memperhatikan kebersihan rambut, perubahan hormonal atau karena infeksi jamur, alergi terhadap bahan tertentu dalam sampo dan dermatitis seboroik.

Untuk itu banyak orang mencari cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal. Anda bisa mencoba cara seperti di bawah ini.

  • Ubah Pola Makan

Nutrisi makanan yang buruk bisa menyebabkan ketombe. Makanan tinggi karbohidrat bisa menyebabkan penumpukan glikogen di kulit dan menjadi makanan jamur penyebab ketombe.

Anda harus mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula yang bisa merangsang produksi minyak kulit di kelenjar sebaceous. Cara ini dipercaya ampuh, terutama bagi Anda yang rentan terhadap ketombe.

  • Cuci rambut dengan sampo yang tepat

Pilih sampo dengan kandungan ringan untuk mengurangi kadar minyak dan penumpukan sel kulit mati. Jika hal ini tidak efektif, coba gunakan sampo anti ketombe. Umumnya, sampo anti ketombe tidak hanya berguna untuk mengatasi ketombe, baik ketombe kering maupun basah, namun juga keluhan lain, seperti gatal pada kulit kepala.

  • Rutin keramas

Jangan biarkan minyak alami rambut Anda tetap berada di kulit kepala lebih lama, karena hal ini akan menambah masalah. Jika Anda jarang keramas, minyak dan sel kulit mati akan menumpuk. Anda harus mencuci rambut 3 kali seminggu untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari ketombe dan masalah lainnya.

  • Coba Eksfoliasi Kulit Kepala

Sama seperti kulit wajah,  eksfoliasi kulit kepala dengan butiran yang mengandung sedikit asam salisilat akan mengangkat sel kulit mati. Eksfoliasi rambut basah atau saat keramas setidaknya dua kali seminggu.

  • Jangan Menggaruk Kepala

Cobalah untuk tidak menggaruk kulit kepala yang gatal karena hal ini bisa memperburuk peradangan dan iritasi. Apalagi jika kukumu panjang dan tajam, menggaruk bisa menyebabkan luka terbuka di kulit kepala yang bisa berujung pada infeksi.

Lakukan pijatan lembut saat melakukan perawatan rambut agar ramuannya meresap ke kulit kepala dan bekerja dengan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *