Ciri-Ciri Mobil Bekas yang Bagus, Jangan Asal Pilih!

Pentingnya mengetahui ciri-ciri mobil bekas yang bagus agar tidak salah pilih. Apabila Anda membutuhkan perawatan mobil otoklix.com menjadi rekomendasi untuk Anda. Otoklix bukanlah bengkel, namun platform untuk booking service dengan bengkel yang menjadi mitranya. Anda bisa percayakan layanan perawatan dan perbaikan mobil secara transparan dan memudahkan. Layanan perawatan mobil melalui Otoklix tersedia berbagai macam pilihan.

Mulai dari layanan servis berkala, ganti oli, ban, rem, hingga detailing. Apabila mobil tidak berfungsi semestinya, Otoklix akan membantu perbaikan ringan hingga berat. Saat ini mobil sudah menjadi kebutuhan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Terlebih bagi anda yang memiliki mobilitas cukup tinggi. Tentunya tidak heran apabila banyak orang yang menggunakannya.

Namun bagi sebagian orang, mobil termasuk barang dengan nilai cukup tinggi. Pilihan alternatif yang sering dilakukan orang saat ini yakni dengan membeli mobil bekas. Meskipun dalam kondisi bekas, namun bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan mobil dalam kondisi bagus.

Inilah Ciri-Ciri Mobil Bekas yang Bagus untuk Diketahui

Sebelum membeli mobil bekas, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu agar menghindari kerusakan. Berikut ini adalah beberapa ciri-cirinya.

Fitur-Fitur Mobil Berfungsi dengan Baik

Sebelum membeli, Anda perlu memeriksa berbagai fitur interior mobil. Mulai dari kondisi AC, lampu, fitur hiburan, dan berbagai fitur yang lainnya. Apabila kondisi fitur-fitur tersebut masih bagus dan juga berfungsi dengan baik, maka mobil tersebut layak untuk dibeli. Namun apabila ada kerusakan pada berbagai fiturnya, maka perlu untuk mempertimbangkannya sebelum membeli mobil.

Suara Mesin Masih Halus

Saat akan membeli mobil bekas, pastikan untuk mencoba mengendarai mobil tersebut terlebih dahulu. Hal ini penting agar bisa merasakan apabila ada masalah pada mobil tersebut. Ciri-ciri mobil bekas yang bagus, saat mencoba menyalakan mesinnya dalam satu kali start mobil langsung menyala.

Namun apabila Anda perlu mencoba beberapa kali starting untuk menghidupkan mobil, kemungkinan mesin mobil bermasalah. Mobil bekas yang bagus bisa terlihat dari suara mesin masih halus, tenang dan stabil. Sementara saat terdengar suara mesin kasar dan ada hentakan,  maka tandanya mesin bermasalah.

Tangki Bensin dan Oli Tidak Bocor

Tak hanya itu, mobil bekas masih bagus bisa terlihat dari kondisi tangki bahan bakar dan tangki oli mesinnya. Kondisi tangki yang masih bagus dan tidak bocor menjadi tanda bahwa mobil tersebut terawat dengan cukup baik. Sebab, kebocoran yang terjadi pada dua komponen tersebut bisa akan memicu beberapa masalah lainnya. Hal ini justru akan merugikan Anda apabila memutuskan membeli mobil tersebut.

Perpindahan Gigi Terasa Mudah

Ciri-ciri mobil bekas yang bagus selanjutnya yakni pada perpindahan gigi terasa mudah. Untuk memastikan bahwa transmisi atau gigi pada mobil baik-baik saja, maka perlu untuk melakukan test drive terlebih dahulu.

Saat mencoba mengendarainya, pastikan bahwa saat perpindahan gigi tidak alot meski diputar. Selain itu, juga tidak merasa kesulitan saat akan memindahkan gigi dengan cepat. Hal ini juga menjadi pertanda bahwa mobil tersebut dalam kondisi normal dan tidak mengalami masalah serius.

Rem Berfungsi dengan Baik

Untuk mengetahui apakah mobil tersebut masih berkualitas atau tidak, Anda bisa memastikan pada bagian sistem pengeremannya. Sebab, sistem pengereman berkaitan erat dengan sistem keamanan dan keselamatan berkendara. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan uji coba pada mobil tersebut. Anda bisa berkendara dengan kecepatan agak tinggi, setelah itu injak pedal remnya.

Kondisi Bodi Mobil Bebas Cacat

Ciri-ciri mobil bekas yang bagus selanjutnya bisa terlihat dari kondisi bodi mobil bebas cacat. Pastikan mobil bekas tersebut memiliki bodi yang masih bagus dan tidak ada penyok atau lecet.

Apabila kondisi bodi mobil ada penyok atau lecet, pertimbangkan ulang untuk tidak membelinya. Sebab, Anda hanya akan mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaiki body mobil tersebut. Penting bagi Anda untuk memperhatikan kondisi bodi mobil dengan teliti. Hal ini agar Anda tidak tertipu apabila ada kerusakan, namun sengaja ditutup-tutupi agar tidak terlihat.

Mobil Terasa Kuat saat Menanjak

Peran test drive sebelum memutuskan untuk memilih mobil bekas sangat penting. Anda bisa mencoba untuk mengecek mobil tersebut kuat melewati tanjakan atau tidak.

Mobil yang kondisinya masih bagus meskipun sudah berstatus bekas, tentunya tidak akan mengeluarkan suara menderu-deru atau asap knalpot tebal. Terlebih pada saat menggunakannya untuk melalui jalan menanjak dengan kemiringan sekitar 20 hingga 30 derajat.

Mengetahui ciri-ciri mobil bekas yang bagus penting agar tidak salah dalam memilih mobil bekas. Apabila mobil bermasalah, maka Otoklix solusinya. Otoklix memiliki mitra sebanyak 2000+ bengkel umum pilihan di Jabodetabek. Harga yang dikenakan transparan dan diberitahu pada awal booking. Harganya jauh lebih hemat dari harga servis di bengkel resmi. Bahkan jaminan service bergaransi 30 hari setelah pengerjaan serta biasa bayar di bengkel mitra.

Leave a Reply

Your email address will not be published.