Generasi Milenial Lebih Tertarik Produk KPR Berjangka Waktu Panjang

Seiring pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, pencarian akan kebutuhan hunian juga semakin tinggi. Industri perbankan pun berlomba lomba mengatur strategi, yakni dengan menyiapkan skema pembiayaan yang tepat untuk berbagai segmen masyarakat. Namun, generasi milenial kerap dianggap lebih sulit mendapatkan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) dari perbankan, dibanding generasi yang lebih tua.

EVP Consumer Loan Bank Central Asia (BCA) Felicia M. Simon mengungkapkan, dalam upaya mewujudkan konsumen untuk memiliki hunian impian, pihaknya selalu mencermati pasar. Khusus bagi para kalangan milenial, biasanya mereka lebih menginginkan skema KPR yang memiliki jangka waktu panjang. Seperti tenor di atas 10 tahun. “Kita melihat ini strategi yang sesuai dengan keinginan pasar, karena masing masing segmen itu jadi bisa memilih mana yang sesuai dengan keinginan mereka,” ucap Felicia dalam acara BCA Expoversary yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition BSD, Tangerang, (12/3/2022).

“Misalnya, untuk generasi milenial akan lebih memilih yang jangka waktunya lebih panjang,” sambungnya. Lanjut Felicia, saat ini portofolio KPR BCA didominasi oleh pembiayaan hunian yang harganya di bawah Rp1 miliar, dengan pangsa sekitar 59,8 persen dari total portofolio. “Ini mencerminkan usia yang memang masuk di dalam kategori milenial tersebut,” ujar dia.

Sebagai informasi, saat ini BCA tengah menggelar BCA Expoversary yang digelar secara online dan offline. Menurut Felicia event ini diharapkan menjadi peluang yang tepat bagi masyarakat Indonesia yang sedang mencari hunian impian. Salah satu program menarik yang ditawarkan BCA adalah bunga spesial Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Pada perhelatan BCA Expoversary tahun ini, BCA menawarkan berbagai macam suku bunga spesial dengan jangka waktu yang bervariasi, termasuk bunga KPR terendah sepanjang masa sebesar 2,65 persen eff.p.a fix 1 tahun. “Sebagai contoh, informasi terkait pencarian rumah sudah disiapkan melalui BCA Expoversary Online, dengan adanya 300 an developer hingga 800 an rumah second yang siap huni dari kantor property agent,” papar Felicia. “Kemudian apa saja syarat pengajuan KPR juga sudah tersedia di situs ‘rumah saya BCA’ Kita juga sudah siapkan simulasi KPR nya di situs yang sama. Terakhir, kita permudah lagi proses pengajuan aplikasinya secara elektronik melalui e form. Setelah aplikasi di submit, kita juga telah menyediakan tracking nya, sehingga nasabah bisa mengetahui sampai mana proses aplikasi KPR nya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.