Mahfud MD Inspeksi Arus Mudik Lebaran 2022, Beri Pesan ke Pemudik dan Petugas untuk Sama-sama Sabar

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD melakukan inspeksi arus mudik Lebaran 2022 pada Sabtu (30/4/2022). Dalam inspeksinya ke Tol Jakarta Cikampek, Mahfud MD ditemani oleh Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Firman Shantyabudi. Inspeksi kali ini dilakukan untuk memastikan bahwa pengaturan arus lalu lintas tol berjalan dengan baik, selama arus mudik Lebaran 2022.

Mahfud menyatakan bahwa situasi arus mudik di KM 29 terlihat sudah ditangani dengan baik. Selain itu, Mahfud juga memberikan pesan kepada para pemudik untuk bisa sabar menjaga ketertiban bersama. Karena jika para pemudik bisa tertib di jalan, maka akan membantu para petugas di lapangan yang bertugas mengamankan jalannya mudik.

"Yang mudik juga sabar menjaga ketertiban bersama, membantu petugas di lapangan," kata Mahfud dalam tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Sabtu (30/4/2022). Lebih lanjut, Mahfud berpesan kepada petugas untuk bersabar juga. Terutama dalam melayani jenis jenis masyarakat yang mudik.

Mahfud pun menambahkan, tugas pengamanan mudik ini adalah tugas kepada negara, demi menjaga dan memelihara kenyamanan Lebaran dan termasuk dalam ibadah. "Para petugas juga harus bersabar, melayani jenis jenis masyarakat yang mudik. Tapi kalau semuanya menghayati kalau semua ini tugas kepada negara dalam menjaga dan memelihara kenyamanan lebaran yang sebenarnya menurut kami adalah ibadah," terang Mahfud. Diwartakan sebelumnya, Anggota DPR RI, Andi Rio Idris Padjalangi, meminta masyarakat yang mudik lebaran dan menggunakan kendaraan pribadi untuk dapat mempersiapkan dan memperhatikan kesehatan fisik.

Selain itu, dikatakan dia, kondisi kendaraan juga sama halnya sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. "Masyarakat harus tetap patuhi protokol kesehatan dan keselamatan dalam berkendara, jika lelah serta mengantuk, carilah tempat aman untuk beristirahat dan jangan memaksakan berkendara." Politikus Golkar di Komisi III DPR RI itu mendorong aparat kepolisian bersama Dinas Perhubungan dapat mencarikan sebuah solusi bagi jalur kendaraan bus antar kota antar provinsi yang hendak membawa penumpang arus mudik tahun 2022.

Hal itu dilakukan untuk memisahkan atau menghindari penumpukan kemacetan yang terjadi di jalur mudik yang memiliki lebar jalan terbatas. "Sehingga kemacetan tidak terlalu siginifikan dan dapat terurai dengan cepat," jelasnya. Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI juga berharap agar pihak ASDP Indonesia Ferry dapat mencarikan sebuah solusi untuk mengurai kepadatan dalam penyebrangan pada saat puncak arus mudik dan balik tahun 2022.

"Jangan hanya ditambah jumlah kapal yang mengangkut penyebrangan saja, namun harus memperhatikan kenyamanan dan keamanan di pelabuhan," kata dia. "Masyarakat yang melakukan mudik jika perlu diberikan sebuah hiburan yang menarik seperti lantunan atau hiburan musik di titik pelabuhan pada saat terjadi kepadatan, sehingga pemudik dapat merasa terhibur," tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.